Memahami Impairment Adalah Apa?

Impairment adalah apa, yakni cara atau konsep yang erat kaitannya dengan historial cost atau fair value. Untuk bisa lebih memahami maka bisa mengulas definisi dan bagaimana cara menghitungnya sebab merupakan istilah untuk menyebut perbandingan antara nilai perolehan aset.

Apa yang perlu dipahami dari Impairment adalah apa?

  1. Impairment adalah apa

Merupakan sebuah istilah yang mana merujuk pada sklaa perbandingan antara nilai perolehan aset di masa lalu dan nilai pasar di masa kini. Apabila aset yang dimiliki dinilai mengalami penurunan pastinya akan muncul istilah Impairment yang disebabkan beberapa faktor terkait.

Faktor tersebut adalah perubahan material, perubahan harga aset, kerusakan fisik, dan pelepasan aset sebelum tanggal perkiraan ditentukan. Biasanya bisa dapat dengan mudah dilakukan untuk mengetahui dari mana saja aset yang mengalami penurunan nilai tersebut baik dari segi praktiknya.

Bisa dilakukan juga pada semua aset yang mana dinilai tidak mengalami penurunan nilai seperti halnya aset pajak tangguhan, aset imbalan kerja, aset keuangan, properti investasi pada nilai wajar, aset biologis, aset karena kontrak asuransi, aset tetap yang dimiliki untuk dijual dan aset lainnya.

Agar anda bisa lebih memahami hal ini dalam akuntansi suatu perusahaan maka anda harus membuktikannya lewat kasus yang anda miliki. Hal tersebut tentunya menunjukkan bahwa tidak ada loss on important asset, yang mana perusahaan tidak mempunyai aset yang mempunyai penurunan nilai.

Tentunya akan lain hanya apabila kasusnya yakni nilai sisa buku mesin lebih besar yang mana terdapat loss on important asset. Anda mungkin akan bingung tentang bedanya Impairment dan depresiasi, padahal secara bahasa keduanya mempunyai makna yang berbeda karena Impairment adalah penurunan nilai aset secara permanen.

Lain halnya dengan depresiasi yang merupakan distribusi biaya perolehan yang akan dikeluarkan oleh perusahaan selama masa manfaat suatu aset tersebut. Pastikan tanda baca cara untuk bisa menghitung aset tersebut agar menjadi jauh lebih mudah dibaca.

  1. Rumus Penghitungan

Adapun nilai perolehan aset bisa didapat dengan durasi depresiasi yang dikalikan nilai perolehan aset. Sedangkan value in use yang diperlukan dari perkiraan aliran arus kas dan diharapkan dapat dihasilkan oleh aset tersebut.

Adapun hasilnya nanti bisa diperoleh dan disimpulkan apakah ada penurunan nilai aset pada perusahaan atau tidak, karena Impairment sendiri bisa dilakukan hampir semua aset. Walau untuk kasih tertentu kita sangat dianjurkan untuk melakukan rutin kegiatan ini setiap tahun.

Terdapat beberapa aset yang termasuk dalam golongan tersebut dan merupakan hal yang harus Anda pahami. Aset yang pertama adalah aset tidak berwujud yang mempunyai manfaat tidak terbatas sementara aset yang kedua adalah aset yang belum tersedia untuk digunakan.

Sementara terdapat Goodwill yang diperoleh dalam penggabungan perusahaan yang mana setiap aset pasti akan mengalami depresiasi. Terutama aset terhadap perusahaan yakni perhitungan yang dilakukan biasanya hanya berlaku pada Impairment saja. Hal ini karena sangat penting dilakukan tidak hanya pada aset tetap namun kepada hasil lancar dan tidak berwujud.

Ulasan yang satu ini membuatĀ  kita bisa mengetahui bahwa tetap ada cara untuk memastikan perusahaan tetap untung. Tentu diperlukannya laporan Impairment yang sangat akurat yakni untuk mengetahui penurunan nilai aset.

Untuk itu, anda sebagai pebisnis memang harus memahami dengan baik dan benar untuk membantu mengembangkan usaha kecil yang anda rilis dari nol. Karena jarang sekali kesempatan pengembangan usaha dapat dilakukan dengan lancar dan mudah seperti yang Anda lakukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.