Catat, 5 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Rumah

TEMPO.CO, Jakarta -Dibandingkan dengan asuransi kesehatan, asuransi rumah masih kurang populer.

Padahal, keduanya sama-sama tergolong sebagai asuransi dasar. Banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya mengasuransikan hunian yang mereka punya.

Berikut 5 alasan pentingnya memiliki asuransi rumah yang dirangkum dari berbagai sumber:

Kebakaran rumah seringkali dipicu oleh kelalaian, mulai dari kebocoran gas hingga sisa api pada puntung rokok. Pemilik rumah membutuhkan asuransi untuk meringankan berbagai kerugian yang ditimbulkan, mulai dari biaya perbaikan, pembangunan hingga penggantian isi rumah.

Ketika terjadi pencurian yang menghilangkan barang-barang berharga di rumah, pemilik bisa mengajukan klaim ganti rugi kepada pihak asuransi. Akan tetapi, pengajuan tersebut harus disertai dengan laporan dari pihak kepolisian.

Beberapa perusahaan asuransi menyediakan akomodasi sementara bagi pemilik rumah yang rumahnya tidak aman atau tidak layak huni, misalnya karena perampokan, kebakaran atau kecelakaan.

Apabila terjadi insiden yang membuat rumah rusak, pihak asuransi akan menanggung biaya perbaikannya. Dengan demikian, rumah bisa kembali bagus dan harga jualnya tidak turun.

Alasan penting untuk mengasuransikan rumah selanjutnya yakni sebagai syarat pengajuan pinjaman. Pihak bank biasanya mensyaratkan asuransi rumah untuk menjamin nilai rumah tidak turun selama diagunkan.

Cari Tahu Jenis Asuransi Rumah yang Tepat Untuk Anda, Beserta Ragam Jaminan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.