Apakah Susu Prebiotik Aman Dikonsumsi?

Sebagai seorang Ibu dan Ayah, tentu saja anda menginginkan anak yang dapat tumbuh sehat dan juga berkembang dengan baik.

Berbagai makanan mungkin akan anda berikan pada anak agar anak bisa tetap sehat dan juga ceria ketika menjalankan aktivitas kesehariannya.

Nah, salah satu kandungan dalam makanan yang biasanya diberikan pada anak adalah makanan yang mengandung prebiotik. Ia biasanya tedapat pada produk produk tertentu seperti misalnya susu.

Apa sih itu susu prebiotik dan apakah seorang anak memang diharuskan untuk mengkonsumsi susu jenis ini.

Definisi Prebiotik

Prebiotik adal suatu zat yang biasanya terdapat dalam makanan, dalam prosesnya prebiotik ini tidak akan dapat dicerna dengan baik sehingga nantinya akan menumbuhkan bakteri bakteri dalam tubuh.

Namun, bakteri yang tumbuh tersebut adalah bakteri yang digolongkan pada bakteri baik. Ia akan membantu tubuh dalam proses proses tertentu di saluran pencernaan, utamanya usus.

Makanan yang biasanya mengandung prebiotik alami terdapat pada bawang putih dan merah, gandum, pisang, asparagus dan juga ASI.

Prebiotik biasanya juga akan ditambahkan pada minuman atau makanan jenis tertentu seperti misalnya susu formula pada bayi yang diformulasikan seperti kandungan yang terdapat pada ASI.

Apakah Susu Prebiotik Aman?

Dalam sebuah jurnal penelitian dikatakan bahwa pengkonsumsian susu yang mengandung prebiotik sebetulnya aman atau tidak memiliki bahaya.

Namun, jika anak anda memiliki penyakit alergi makanan tertentu ataupun mempunyai penyakit penyakit yang bersifat kronis ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanan anak mengkonsumsi susu prebiotik sesuai dengan penyakit yang dideritanya.

Jika dokter tidak memperbolehkan untuk mengkonsumsi susu atau makanan tertentu, sebaiknya anda turuti saja karena bagaimanapun dokter berbicara berdasarkan data dan juga keilmuan yang ia miliki.

So, mengkonsumsi susu yang kaya akan prebiotik memang bermanfaat bagi tubuh, utamanya untuk membangun bakteri baik yang nantinya akan hidup di organ pencernaan.

Dengan mengkonsumsi susu prebiotik diharapkan pencernaan kita aman dan bebas dari gangguan penyakit penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.